Senin, 23 September 2019

Berak Berdarah Hamil

Berak Berdarah Hamil - Sembelit alias konstipasi alias susah buang air besar sering menjadi masalah bagi sebagian orang. Hal ini disebabkan karena pola makan yang kurang baik. Apabila tidak buang air besar lebih dari 3 hari, maka bisa disebut sembelit.

Adapun gejalanya seperti kembung dan gas berlebih. Semakin tua usia atau semakin jarang beraktivitas fisik, risiko sembelit lebih besar. Jika terlalu sering sembelit, dapat membahayakan tubuh. Bisa juga memicu kanker usus dan penyakit kronis lainnya.
Berak Berdarah Hamil


Beberapa makanan bisa membantu melancarkan proses pembuangan sisa makanan seperti air putih, sayuran hijau, dan buah-buahan kaya serat. Tapi banyak juga yang menghambat proses. Nah, supaya tidak terjadi sembelit, sebaiknya jangan makan delapan jenis makanan berikut ini.

1. Makanan yang mengandung gluten
Gluten yaitu protein yang umum ditemukan pada olahan gandum dan tepung terigu. Beberapa orang akan mengalami sembelit saat kebanyakan mengonsumsi gluten. Kondisi terberat yang disebabkan oleh intoleran gluten yakni gangguan celiac. Artinya gangguan autoimun, kondisi gluten sulit dicerna dan efeknya sangat merusak usus.

Gejalanya antara lain pembengkakan usus, kembung, sakit perut sampai konstipasi kronis. Orang yang mengidap gangguan ini harus menjalani diet khusus yang hanya boleh memakan bahan makanan bebas gluten.

2. Minuman manis
Kebanyakan konsumsi gula bukan hanya bisa memicu penyakit diabetes dan jantung. Tetapi juga berdampak buruk bagi pencernaan, seperti peradangan usus. Yang lebih parah lagi yaitu meningkatnya risiko kanker usus dan anus.

Tanpa kita sadari, konsumsi gula paling banyak berasal dari soft drink, soda, teh, dan jus kemasan, es krim, minuman sachet, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kandungan gula dalam minuman kemasan jauh lebih banyak daripada apabila kita membuat sendiri di rumah, lho. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi manis ya.

3. Daging merah
Daging merah disebut sebagai penyebab sembelit yang paling umum. Ada 3 alasan yang mendasarinya. Pertama, kandungan serat dalam daging merah sangat sedikit. Kedua, secara tidak langsung, daging merah bisa mengurangi keseluruhan asupan serat harian, apalagi jika kita menjalankan diet tinggi protein.

Ketiga, kandungan lemaknya lebih tinggi dari daging lain, seperti ikan dan unggas. Konsumsi serat yang minim dan kadar lemak yang tinggi [dapat|bisa|akan} memperparah sembelit. Untuk mencukupi kebutuhan tinggi protein sehari-hari, tidak harus didapatkan dari daging merah, kok. Bisa juga dari telur, tahu, tempe, ikan, atau ayam.

4. Nasi putih, roti tawar putih, dan pasta
Tiga bahan makanan tersebut merupakan jenis karbohidrat yang umum kita makan. Sayangnya dalam proses pengolahannya, kulit dan dedak (bekatul) yang kaya serat dan nutrisi malah dibuang. Inilah yang menyebabkan sembelit.

Karena karbohidrat dan makanan lain akan memakan lebih banyak tempat di pencernaan daripada serat. Ahli kesehatan akan menyarankan penderita sembelit mengganti nasi putih dengan sesuatu yang lebih banyak mengandung serat.

Banyak yang beralih mengonsumsi beras merah atau beras cokelat yang masih mengandung kulit atau disebut whole grain. Tetapi perlu diketahui, apabila seseorang telah menderita sembelit lumayan lama, memakan serat dalam jumlah banyak malah dapat memperparah kondisi.

Untuk menyembuhkannya, konsumsi serat dikurangi sedikit demi sedikit hingga usus normal kembali. Memang serat paling baik dikonsumsi secara rutin ketika pencernaan sedang baik.

5. Gorengan dan makanan cepat saji
Meskipun pisang goreng, singkong keju, tahu isi, dan weci sangat enak, tetapi kurang baik juga jika dimakan terlalu sering. Semua makanan yang digoreng, terutama yang minyak gorengnya sudah beberapa kali, mengandung lemak jenuh yang sangat sukar dicerna.

Makanan cepat saji atau fast food seperti ayam krispi, kentang goreng, dan aneka keripik juga mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sejumlah studi menemukan kerap mengonsumsi fast food bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

6. Makanan asin
Garam yang dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa mengurangi kadar air dalam feses dan mengeringkannya, sehingga semakin sukar didorong keluar. Tubuh terpaksa menyerap air dari usus untuk mengimbangi kelebihan garam dalam darah, sehingga usus kesusahan mencerna dan berkontraksi.

Makanan seperti gorengan, fast food, daging yang diproses menjadi sosis, keripik kentang, mi instan, dan berbagai macam cemilan gurih mengandung kadar garam yang tinggi. Demi menjaga kesehatan jangka panjang, mulai kurangi asupan garam ya.

7. Pisang mentah
Fakta ini sedikit mengejutkan karena pisang ialah pencahar paling baik. Pisang memproduksi serat pektin yang membantu mengeluarkan sisa makanan secara teratur setiap harinya.

Akan tetapi jangan mengonsumsi pisang mentah kalau gak pengin sembelit. Pisang mentah mengandung rantai glukosa panjang yang sukar dicerna. Berbeda dengan pisang yang sudah matang, rantai glukosa tersebut telah diubah menjadi gula alami yang mudah dicerna.

Pisang mentah juga mengandung banyak senyawa tanin, yang mengurangi kecepatan jalannya makanan di usus. Untuk penggemar rujak petis atau rujak cingur khas Jawa Timur, sebaiknya diimbangi dengan banyak minum air putih setelah makan, ya. Karena salah satu bumbu utama rujak cingur ialah pisang hijau mentah.

8. Obat-obatan
Jika kita sedang sakit dan mengonsumsi penghilang rasa nyeri yang mengandung analgesik, salah satu efek sampingnya yaitu sembelit. Mengonsumsi obat laksatif atau pencahar terlalu sering juga akan berdampak buruk.

Awalnya, gerakan peristaltik pada usus akan terstimulasi, namun akhirnya akan terjadi ketergantungan. Reaksi usus pun menjadi lambat dan tidak terjadi secara alami lagi.


Baca Juga :
Nah, mulai sekarang lebih perbanyak makan buah-buahan segar yang mengandung vitamin C dan sayuran hijau ya. Makanan tinggi serat dan mengandung asam lemak omega-3 sangat baik untuk menjaga usus tetap bersih dan sehat. Yuk, kita jaga kesehatan pencernaan kita sedari dini.

Terimakasih sudah membaca artikel seputar Berak Berdarah Hamil. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk saudara pembaca. Berikut kami sajikan sedikit iklan produk barangkali bermanfaat untuk sobat pembaca.
Obat Wasir Herbal AmbeClear / AmbeJoss dan Salep Salwa de Nature
Apa Yang Anda Rasakan Saat Terkena Penyakit Wasir / Ambeien Luar ataupun Dalam?
gambar penyakit wasir ambeien
  • Risih
  • Sulit Beraktifitas
  • Buang Air Besar Terasa Sakit
  • Gatal di Sekeliling Dubur
  • BAB Berdarah
  • Malu Saat Berkumpul dengan Teman
Apa Saja Yang Sudah Anda Lakukan Selama Ini Untuk Menghilangkan Penyakit Tersebut?
  • Konsumsi Berbagai Macam Obat Tapi Tidak Lekas Sembuh?
  • Disarankan Untuk Operasi Akan Tetapi Takut?
Kini Telah Hadir Obat Ambeien Herbal AmbeJoss dan Salwa De Nature
Dibuat dari bahan alami pilihan yang berkualitas dengan komposisi yang baik untuk penyakit wasir  ambeien luar ataupun dalam serta terdaftar di BPOM RI juga Sertifikat standar international ISO 9001:2015
ambeclear obat wasir
Harga Normal Rp. 345.000,-
cara pemesanan
Harga Diskon Rp. 275.000,-  ( Harga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu..!! )
Format Pemesanan
Nama # Alamat # Pesan Ambejoss + Salep Salwa De Nature
Kirim Ke Salah Satu Customer Service Kami
Klik Gambar Berikut ini Untuk Whatsapp Otomatis
chat now
Pengiriman Barang
jasa pengiriman
Privasi (Kerahasiaan) Terjamin / Paket Kemasan Polos Rapih

Testimoni Pembeli

line testimoni 1testimoni 2 testimoni 3testimoni 4
Tunggu Apalagi
Jangan Tunda Pengobatan Penyakit Anda..!!
Sebelum Semakin Parah..!! Sebelum Sulit di Obati..!! Sebelum Terlambat..!!
Hubungi
Klik Gambar Berikut ini Untuk Whatsapp Otomatis
beli di whatsapp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar